Senin, 05 September 2016

Green House di SMA 1 Tunjungan






Perkembangan teknologi dewasa ini telah merambah bidang pertanian. Banyak penelitian  telah dilakukan untuk menemukan hal-hal baru melalui berbagai inovasi  guna meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian. Diantaranya melalui pola tanam hidroponik dan green house. Mengingat  hal tersebut paling mudah dilakukan oleh siswa dan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan.

Peranan green house sangat di butuhkan,   dalam rangka peningkatan produksi pertanian. Green house secara umum dapat di definisikan sebagai bangunan kontruksi yang berfungsi untuk menghindari dan memanipulasi kondisi lingkungan agar tercipta kondisi lingkungan yang dikendaki dalam pemeliharaan tanaman. Green House disebut juga Rumah Kaca. Green house memiliki arti yang sangat penting dalam menciptakan kondisi lingkuangan seperti yang di kehendaki.

            SMA N 1 Tunjungan  juga membangun green house walaupun dalam bentuk yang sederhana dengan fungsi yang terbatas untuk pembibitan dan karantina tanaman. Proses pembibitan dilakukan dalam rangka menambah koleksi jenis tanaman obat dan tanaman hias yang ada di lingkungan sekolah. Selain itu juga beberapa jenis tanaman buah dan sayuran. Tanaman obat misalnya sambiloto, jahe merah, cincau, kelor, binahong, sirih merah dan lain-lain, sedangkan sayuran yang ditanam antara lain ada sawi, selada, tomat, cabe, dll.
Untuk pemeliharaan green House dilingkungan SMA N 1 Tunjungan dilkukan oleh siswa yang terbagi dalam beberapa kelompok. Mereka adalah salah satu gugus tugas dalam program adiwiyata. Dan sampai saat ini, green house milik SMA 1 Tunjungan tampak hijau dipenuhi oleh berbagai tanaman yang terjaga dan terawa dengan baik. Hal tersebut membuktikan bahwa siswa benar-benar dapat mengelola dan merawatnya dengan penuh kesungguhan. Harapannya kelak para siswa tersebut benar-benar dapat mengimplementasikan pengalamnya dalam kehidupan sehari-hari. Dan tumbuh rasa cinta terhadap berbagai jenis tanaman, sehingga memunculkan keinginan untuk melestarikan dan membudidayakannya.

Siswa bersama Guru Pembimbing


Siswa memeriksa apakah sudah layak panen


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

INGAT WAKTU YA..

RUMAH BELAJAR

RUMAH BELAJAR
Belajar Dimana Saja

JATENG PINTAR

JATENG PINTAR
portal jawa tengah

Daftar Postingan

Diberdayakan oleh Blogger.

Statistik Penayangan

Recent Posts